Rangkaian Acara

1. APA Champ


APA Champ merupakan kompetisi berkelompok yang menantang para mahasiswa akuntansi untuk menjadi trusted advisor dalam memecahkan permasalahan tantangan dan permasalahan bisnis.
Setiap tim akan diberikan studi kasus bisnis berbahasa Inggris untuk dianalisa lebih lanjut. Setelah melakukan analisa, para peserta akan mempresentasikan hasil analisa dan rekomendasi menggunakan bahasa Inggris secara virtual. Dalam kompetisi ini setiap tim diberikan studi kasus dalam bahasa Inggris yang berisikan tantangan dan permasalahan bisnis. Setiap orang dalam tim mengambil peranan sebagai seorang konsultan bisnis yang harus menerapkan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman untuk situasi dalam dunia yang ketat.
Peserta akan dinilai pada seberapa baik mereka bekerja dalam tim, seberapa efektif mereka berkomunikasi, dan bagaimana mereka mengelola waktu di bawah tenggat waktu yang telah di tetapkan, dan bagaimana mereka mampu berkoordinasi di tengah pembatasan sosial yang terjadi. Peserta juga harus menunjukkan kepada dewan juri bahwa mereka terorganisir dengan baik, pro-aktif dalam pendekatan mereka untuk tugas-tugas, dan dapat berpikir secara kreatif di luar pemikiran biasa (out of the box).
Peserta harus melakukan presentasi dengan menggunakan kemampuan komunikasi terbaik saat menjelaskan studi kasus kepada dewan juri dalam bahasa Inggris.

Past Case Study

2. National APA Award


National APA Award merupakan kompetisi bagi mahasiswa akuntansi berprestasi yang akan ditunjuk menjadi Duta Chartered Accountant, untuk menjadi pemimpin masa depan dan inspirasi bagi akuntan muda dalam berkontribusi bagi profesi menjalankan Prakarsa 6.1.
Pemilihan mahasiswa akuntansi berprestasi merujuk pada kinerja individu mahasiswa yang memenuhi kriteria pemilihan, yaitu Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), ujian akuntansi IAI online, karya tulis ilmiah, prestasi/capaian yang diunggulkan, kemampuan berbahasa Inggris, dan kepribadian.

3. APA Best Paper


IAI APA Best Paper merupakan kompetisi karya tulis ilmiah mahasiswa akuntansi se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia dalam rangkaian IAI Aspiring Professional Accountants Festival (IAI APAFest 2020).
Karya tulis ilmiah (paper) yang dikompetisikan dalam APA Best Paper harus memuat naskah dan gagasan kreatif untuk memberi rekomendasi atau masukan atas profesi dengan sudut pandang penyelesaian masalah (problem solving), yang mencakup analisis masalah, konsep, strategi, dan tools/action plan yang dipilih sebagai implementasi strategi. Apabila peserta dinyatakan lolos ke babak final, peserta wajib mengunggah video presentasi paper dengan durasi 10 menit.

4. The HIMA Challenge


The HIMA Challenge merupakan suatu ajang unjuk kebolehan Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA) dalam menyelenggarakan kegiatan yang mempromosikan profesi Akuntansi kepada para akuntan muda yang merupakan calon akuntan professional.
HIMA dari Universitas di seluruh Indonesia ditantang untuk membuat video bebas berupa animasi, dokumenter, presentasi, atau film pendek berisi materi edukasi/kreativitas/reportase profesi akuntan atau kegiatan mahasiswa dalam menjalankan organisasi HIMA.
Melalui kegiatan ini IAI juga mendorong partisipasi HIMA di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi dalam mempromosikan profesi dan menumbuhkan rasa lebih mencintai profesinya sedini mungkin, dan dapat mempersiapkan masa depannya meraih kesuksesan, menjadi akuntan profesional yang menguasai perubahan.

5. CA Scholarship Selection


Dalam rangka meningkatkan kuantitas dan kualitas akuntan profesional Indonesia, IAI memberikan kesempatan kepada mahasiswa berprestasi se-Indonesia untuk mengikuti seleksi dan berpartisipasi dalam CA Scholarship Selection (program seleksi beasiswa ujian CA) dan mendukung persiapan dirinya meraih karir yang cemerlang sejak menempuh pendidikan tinggi.
Untuk memperoleh beasiswa ujian CA, peserta harus terdaftar sebagai peserta APAFest 2020 dan memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Peserta yang lulus seleksi beasiswa ujian CA berhak mengikuti ujian CA tanpa dipungut biaya. Selain itu, peserta yang lulus seleksi akan mendapatkan prioritas kesempatan bekerja di perusahaan IAI Corporate Partner sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

6. Cover Song Competition “Akuntan Mengabdi”


Untuk memperkenalkan profesi akuntan kepada masyarakat luas, IAI mengadakan Cover Song Competition yang mengundang masyarakat umum untuk menyanyikan lagu “Akuntan Mengabdi”.
Para peserta ditantang untuk menunjukkan kreativitas dan kualitas vokal terbaiknya dalam menyanyikan lagu Akuntan Mengabdi dengan berbagai genre, aransemen, tempo, dan alat musik yang digunakan.

7. FinBizz2030


Finance & Business 2030 (FinBiz2030) adalah inisiatif bersama antara One Young World (OYW) dan Chartered Accountants Worldwide (CAW), diluncurkan di London pada tahun 2019. FinBiz2030 ditujukan untuk membangun komunitas keuangan dan bisnis yang aktif dan terlibat secara global yang didedikasikan untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) PBB pada tahun 2030.
One Young World adalah organisasi nirlaba yang berbasis di Inggris yang mengumpulkan para pemimpin muda dari seluruh dunia untuk mengembangkan solusi untuk masalah-masalah paling mendesak di dunia. One Young World menggelar KTT tahunan di berbagai kota di mana delegasinya berasal dari badan amal, organisasi non-pemerintah, perusahaan dan universitasyang bergabung dengan para pemimpin dunia bertindak sebagai penasihat. Selama periode 2009 hingga 2018, One Young World menggelar sembilan KTT tahunan dengan total peserta lebih dari 8.000 delegasi, berusia antara 18 dan 30 dari 196 negara.
Tahun ini, OYW dan CAW, bekerja sama dengan Institut Akuntan Afrika Selatan (SAICA), menyelenggarakan FinBiz2030 di Johannesburg, Afrika Selatan. Para profesional keuangan dari berbagai sektor berkumpul bersama sebagai kekuatan untuk perubahan dan membuat komitmen untuk menangani beberapa masalah dari Afrika Selatan yang paling mendesak.
FinBiz2030 menyediakan platform bagi para pemimpin muda lintas industri untuk belajar dari para pemangku kepentingan senior, menjalin kolaborasi dan mengatasi tantangan dan peluang utama yang terkait dengan perubahan iklim, mengurangi ketidaksetaraan, menciptakan pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi, dan menyediakan pendidikan yang berkualitas.

8. Webinar Series


Untuk meningkatkan kompetensi dan wawasan para akuntan muda Indonesia, IAI APAFest akan diisi dengan serangkaian webinar yang diselenggarakan menjelang dan pada saat perhelatan puncak APAFest 2020. Webinar series ini mengangkat tema utama “Scanning the Horizon, Embracing the Future” pada acara peringatan International Accounting Day, 10 November 2020, dan didahului dengan berbagai materi yang dapat menginspirasi dan mengedukasi akuntan muda untuk menyambut masa depan gemilang.
Topik-topik yang diusung di antaranya terkait kepemimpinan, akuntansi, bisnis, dan sesi inspirasi dari berbagai pemimpin dan pembicara ternama.

9. Virtual Career Fair


Acara yang biasanya diselenggarakan di Bursa Efek Indonesia mempertemukan para kandidat pencari kerja dengan berbagai perusahaan terkemuka. Pada tahun 2020, acara ini diselenggarakan secara virtual. Para pencari kerja harus mendaftarkan diri secara online, serta mengunggah CV, dan dokumen lain yang dipersyaratkan.
Seluruh peserta Virtual Career Fair wajib mengikuti CA Scholarship Selection (CASS) secara online dengan menjawab soal yang menguji kemampuan peserta dalam pelaporan keuangan.
Pada acara ini, entitas career fair exhibitor yang merupakan Gold Sponsor dapat mengisi sesi seminar mengenai pengembangan karir melalui webinar yang diselenggarakan menggunakan platform Microsoft Teams.